TUJUAN MADRASAH
NO |
8 STANDAR |
JANGKA PENDEK (1 Tahun) |
JANGKA MENENGAH (4 Tahun) |
JANGKA PANJANG (8 Tahun) |
1 |
STANDAR ISI |
Kurikulum madrasah kami disusun mengikuti panduan yang disusun BSNP namun masih memerlukan
pengembangan. |
Kurikulum
madrasah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP. |
Kurikulum madrasah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP dan menjadi rujukan bagi pengembangan
kurikulum madrasah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama. |
|
|
Kurikulum madrasah kami disusun
dengan mempertimbangkan usia peserta
didik dan kebutuhan pembelajaran. |
Kurikulum madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan
karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia
peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata
pelajaran. |
Kurikulum madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakteristik
daerah, kebutuhan sosial
masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan
pembelajaran yang terintegrasi dalam
silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan kab/kota dalam pengembangan
kurikulum lokal. |
|
|
Struktur
kurikulum madrasah kami kurang
mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep
yang baru sebelum melanjutkan ke
pelajaran berikutnya, sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala
dilaksanakan. |
Struktur
kurikulum madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta
didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran
berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan. |
Struktur
kurikulum madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya
dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan yang sistematis
untuk setiap peserta didik |
|
|
Madrasah
kami masih sangat terbatas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling
yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. |
Madrasah
kami memberikan bimbingan secara teratur dan berkesinambu- ngan serta
menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi
peserta didik. |
Madrasah
kami menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan
dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap peserta didik, baik yang
terprogram dengan jelas maupun berdasarkan kasus per kasus sesuai kebutuhan
peserta didik. |
|
|
Madrasah
kami menyediakan kegiatan ekstra-kurikuler tetapi belum mengakomodir semua
kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. |
Madarasah
kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik
yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik. |
Madrasah
kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaikan
dengan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam
pengembangan ekstra- kurikulernya. |
2 |
STANDAR PROSES |
Sebagian
silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP. |
Silabus
kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP. |
Silabus
kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP serta telah
mempertimbangkan situasi dan kondisi Madarasah |
|
|
Sebagian
silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara
mandiri atau berkelompok. |
Silabus
kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri
atau berkelompok. |
Silabus
kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri
yang berdampak pada peningkatan mutu peserta didik. |
|
|
Sebagian
guru menyusun RPP sendiri untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan
prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. |
RPP
disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan
prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. |
RPP disusun
oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip
perencanaan pembelajaran dan direview secara berkala untuk memastikan
dampaknya pada peningkatan hasil belajar peserta didik. |
|
|
RPP
memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, kebutuhan khusus, kecepatan
belajar, latar belakang budaya. |
RPP
memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap intelektual, minat,
bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar,
kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma,
nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik. |
RPP
memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap intelektual, minat,
bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar,
kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma,
nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik serta direview oleh para ahli. |
|
|
Siswa
Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri dan beberapa
buku teks yang tersedia di perpustakaan Madrasah selama pelajaran berlangsung. |
Siswa
Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai
materi yang tersedia di perpustakaan Madrasah dengan mudah untuk dipinjam dan
dipakai di luar Madrasah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan
dapat diperpanjang, serta dapat mengakses buku Madrasah elektronik (BSE). |
Siswa
Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai
materi yang tersedia di perpustakaan Madrasah dengan mudah untuk dipinjam dan
dipakai di luar Madrasah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan
dapat diperpanjang, serta dapat mengakses buku Madrasah elektronik (BSE) dan
materi lain dari e-library Madrasah. |
|
|
Guru-guru
kami sudah menggunakan sumber belajar lainnya selain buku pelajaran, namun
hanya pada mata pelajaran tertentu. |
Guru-guru
kami menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber
belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk
membantu dan memotivasi peserta didik. |
Guru-guru
kami menggunakan berbagai jenis sumber dan media pembelajaran di Madrasah
serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar Madrasah dengan melibatkan
siswa. |
|
|
Sebagian
guru-guru kami sudah konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran yang
interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang
disusunnya. |
Guru-guru
kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya. |
Guru-guru
kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya serta dijadikan
acuan bagi guru-guru di Madrasah lainnya. |
|
|
Guru-guru
kami belum sepenuhnya konsisten memberikan kesempatan pada peserta didik
untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di
setiap proses pembelajaran. |
Guru-guru
kami memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan
elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran. |
Guru-guru
kami tidak hanya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan
ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses
pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran. |
|
|
Proses
pembelajaran di Madrasah kami disupervisi dan dievaluasi hanya pada tahapan
tertentu saja. |
Proses
pembelajaran di Madrasah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran. |
Proses
pembelajaran di Madarasah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran termasuk program
tindak lanjut. |
|
|
Supervisi
dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala oleh kepala
Madrasah dan pengawas tetapi tidak ditindaklanjuti. |
Supervisi
dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan
oleh Kepala Madrasah dan Pengawas. |
Supervisi
dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan
oleh Kepala madarasah, teman sejawat dan Pengawas serta melibatkan peserta
didik. |
3 |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN |
Peserta
didik memperlihatkan prestasi belajar yang lebih baik, namun tidak konsisten. |
Peserta
didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang
ditetapkan dalam SKL. |
Peserta
didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik melebihi standar kompetensi
kelulusan, percaya diri, dan memiliki harapan yang tinggi dalam berprestasi. |
|
|
Sebagian
peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri. |
Peserta
didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri. |
Peserta
didik kami mengembangkan keterampilan berpikir logis, kritis, dan analititis
serta mengembangkan kreatifitas mereka. |
|
|
Sebagian
peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang
tinggi. |
Peserta
didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. |
Peserta
didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi, serta
mampu mengekspresikan diri dalam mengungkapkan pendapat mereka dengan jelas
dan santun. |
|
|
Peserta
didik kami menunjukkan sikap yang baik di Madrasah dan di tengah masyarakat
luas, akan tetapi mereka belum terlalu memahami tentang disiplin, toleransi,
kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain. |
Peserta
didik kami menunjukkan sikap yang baik di Madrasah dan di tengah masyarakat
luas, serta memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan
perhatian kepada orang lain. |
Peserta
didik berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan di Madrasah dan di tengah
masyarakat luas. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi dan sosial dan
melakukan berbagai jenis kegiatan untuk keberhasilan pribadi dalam ruang
lingkup yang lebih luas. |
|
|
Madrasah
kami menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi belum sesuai dengan
minat peserta didik. |
Madrasah
kami menyediakan beragam kegiatan dan program keterampilan hidup sebagai
bekal kehidupan di tengah-tengah masyarakat. |
Potensi dan
minat peserta didik kami telah berkembang secara penuh melalui partisipasi
mereka dalam berbagai jenis kegiatan serta memiliki kesempatan untuk
mengembangkan rasa estetika selain keterampilan. |
|
|
Peserta
didik kami memiliki pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka dan sudah
mulai berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari hari. |
Peserta
didik kami memahami ajaran agama dan nilai-nilai budaya serta mampu
menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. |
Peserta
didik memahami dan menerapkan ajaran agama dan nilai-nilai budaya dalam
kehidupan mereka sehari-hari secara konsisten baik di Madrasah maupun di
tengah-tengah masyarakat. |
4 |
STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN |
Jumlah
pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang
ditentukan |
Jumlah
pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan |
Jumlah
pendidik di Madrasah kami sangat memadai untuk memberikan layanan
pembelajaran dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk
peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. |
|
|
Jumlah
tenaga kependidikan di Madrasah kami
sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan |
Madrasah
kami memiliki jumlah tenaga kependidikan yang memadai sesuai dengan standar
yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami
kesulitan belajar. |
Madrasah
kami memiliki tenaga kependidikan dengan jumlah yang sangat memadai untuk
memberikan layanan pendidikan dengan kualitas tinggi bagi semua peserta
didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. |
|
|
Kualifikasi
pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan. |
Kualifikasi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang
ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan
belajar. |
Madrasah
kami memiliki pendidik dengan kualifikasi yang sangat memadai dari standar yang ditentukan untuk
memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta
didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. |
|
|
Kualifikasi
tenaga kependidikan di Madrasah kami
sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan |
Kualifikasi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang
ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan
belajar. |
Madrasah
kami memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan
kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang
mempunyai kebutuhan khusus. |
|
|
Kompetensi
pendidik di Madrasah kami sudah
memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan |
Kompetensi
pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang
ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. |
Madrasah
kami memiliki pendidik dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan
pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk
peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. |
|
|
Kompetensi
tenaga kependidikan di Madrasah kami
sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan |
Kompetensi
Tenaga Kependidikan di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang
ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan
belajar. |
Madrasah
kami memiliki tenaga kependidikan dengan kompetensi yang sangat memadai untuk
memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta
didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus |
5 |
STANDAR SARANA DAN PRASARANA |
Madrasah
kami memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan
untuk sistem ventilasi, dan lainnya. |
Madrasah
kami memenuhi SNP terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan
untuk sistem ventilasi, dan lainnya. |
Madrasah
kami memiliki bangunan gedung yang
ukuran, ventilasi, dan kelengkapan lainnya melebihi ketentuan dalam
SNP. |
|
|
Madrasah
kami memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan
belajar. |
Madrasah
kami memenuhi SNP dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan
belajar. |
Jumlah
peserta didik di dalam rombongan belajar kami lebih kecil dari yang
ditetapkan dalam SNP, agar dapat lebih meningkatkan mutu proses pembelajaran. |
|
|
Madrasah
kami memiliki dan menggunakan alat
serta sumber belajar sesuai dengan SPM. |
Madrasah
kami memiliki dan menggunakan alat
serta sumber belajar sesuai dengan SNP. |
Madrasah
kami memiliki alat dan sumber belajar yang
melebihi dari ketetapan dalam SNP yang digunakan untuk meningkatkan
mutu proses pembelajaran. |
|
|
Pemeliharaan
bangunan di Madrasah kami baru melakukan pemeliharaan rutin seperti
kebersihan ruangan. |
Pemeliharaan
bangunan di Madrasah kami dilaksanakan secara berkala sesuai dengan SNP. |
Pemeliharaan
bangunan di Madrasah kami dilaksanakan secara rutin melebihi waktu yang
ditetapkan dalam SNP dan catatan pemeliharaan terekam dengan baik. |
|
|
Bangunan
yang ada di Madrasah kami aman bagi peserta didik namun masih belum nyaman
dan memberi kemudahan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus. |
Bangunan
di Madrasah kami aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi
kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus. |
Setiap
orang yang datang ke Madrasah kami, selain warga Madrasah termasuk yang
berkebutuhan khusus, dapat merasakan keamanan dan kenyamanan dalam setiap
bangunan yang ada. |
6 |
STANDAR PENGELOLAAN |
Madrasah
kami memiliki visi dan misi namun belum dirumuskan secara bersama dan belum
tersosialisasikan di seluruh warga Madrasah. |
Madrasah
kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dari seluruh warga
Madrasah dan tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan. |
Madrasah
kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dan tersosialisikan
kepada seluruh pemangku kepentingan serta direview secara berkala sesuai
dengan situasi, kondisi dan kebutuhan Madrasah. |
|
|
Madrasah
kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan
untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah namun prosesnya belum
sepenuhnya dilaksanakan secara mandiri, partisipatif, kolaboratif dan
akuntabel |
Madrasah
kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan
untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah secara mandiri,
partisipatif, kolaboratif dan akuntabel, |
Madrasah
kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan
untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah secara mandiri,
partisipatif, kolaboratif dan akuntabel serta mampu memunculkan potensi warga
Madrasah untuk turut serta mengembangkan pengelolaan Madrasah. |
|
|
Madrasah
kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan
misi Madrasah dalam bentuk renstra maupun RKM. |
Madrasah
kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan
misi Madrasah dalam bentuk renstra maupun RKM yang berbasis hasil analisis
EDS. |
Madrasah
kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan
misi Madrasah dalam bentuk renstra maupun RKM yang berbasis hasil analisis
EDS dan di update secara berkala. |
|
|
Madrasah
kami sudah mensosialisa-sikan dokumen rencana kerja namun hanya kepada
pihak-pihak terbatas saja, misalnya kepala dinas pendidikan atau ketua
yayasan. |
Madrasah
kami sudah mensosialisa-sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder
Madrasah secara dalam rapat dinas. |
Madrasah
kami sudah mensosialisa-sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder
Madrasah dalam berbagai kesempatan dan on-line di situs Madrasah. |
|
|
Rencana
kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu
pada Standar Isi, Standar Kompetensi
Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian namun tidak dalam bentuk
dokumen yang mudah diakses oleh pihak terkait dan sosialisasinya masih
sebatas dalam lingkup internal Madrasah. |
Rencana
kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu
pada Standar Isi, Standar Kompetensi
Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah
diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite Madrasah namun belum
tersosialisasi secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan. |
Rencana
kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu
pada Standar Isi, Standar Kompetensi
Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah
diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite Madrasah dan sudah
tersosialisasi secara luas kepada seluruh pemangku kepentingan. |
|
|
Madrasah
kami melakukan evaluasi diri namun baru dilakukan sebatas tim pengembang
Madrasah dan belum melibatkan warga Madrasah. |
Madrasah
kami melakukan evaluasi diri untuk melihat dampak dari rencana pengembangan
Madrasah terhadap peningkatan hasil belajar. |
Madrasah
kami melakukan evaluasi diri dan mengkomunikasikan rencana pengembangan
berdasarkan hasil evaluasi diri dengan dinas pendidikan dan para pemangku
kepentingan. |
|
|
Madrasah
kami menetapkan prioritas perbaikan/
pengembangan Madrasah namun belum
didasarkan pada hasil evaluasi diri Madrasah. |
Madrasah
kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah yang didasarkan
pada hasil evaluasi diri dan
memfokuskan pada peningkatan hasil belajar. |
Madrasah
kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah yang didasarkan
pada hasil evaluasi diri serta disesuaikan dengan harapan dan kebutuhan
masyarakat. |
|
|
Pengelolaan
data di Madrasah kami berbasis ICT namun masih menggunakan program office
yang sederhana dan belum berbasis website. |
Madrasah
kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif,
efisien dan akuntabel dan sudah tersosialisaikan kepada seluruh pemangku
kepentingan. |
Madrasah
kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif,
efisien, dan akuntabel serta tersosialisasikan kepada seluruh pemangku
kepentingan dan terkoneksi secara online pada website Madrasah. |
|
|
Madrasah
kami menyediakan akses informasi untuk warga Madrasah namun belum ditunjang
oleh sistem pembaharuan data. |
Madrasah
kami menyediakan akses informasi dengan data yang terbaru bagi warga Madrasah
dan pihak yang berkepentingan. |
Madrasah
kami menyediakan akses informasi dengan data yang terbaru bagi warga Madrasah
dan pihak yang berkepentingan serta mudah diakses secara online melalui
website Madrasah. |
|
|
Madrasah
kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan. |
Madrasah
kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta
senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya. |
Madrasah
kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta
senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya secara berkelanjutan untuk
meningkatkan efektifitas kinerja. |
|
|
Madrasah
kami melakukan supervisi dan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan
tenaga kependidikan namun belum terprogram dengan baik. |
Madrasah
kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga
kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar
nasional |
Madrasah
kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga
kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar
nasional serta menyusun program perbaikan dan peningkatan yang berkelanjutan. |
|
|
Warga
Madrasah terlibat langsung hanya pada kegiatan akademis. |
Warga
Madrasah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non
akademis. |
Warga
Madrasah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non
akademis serta kegiatan pengembangan Madrasah pada umumnya. |
|
|
Madrasah
kurang melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis. |
Madrasah
kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis. |
Madrasah
kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis dan memberikan
kesempatan untuk berkreasi. |
7 |
STANDAR PEMBIAYAAN |
Perumusan
rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBM) merujuk pada
Peraturan Pemerintah. |
Perumusan
rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBM) merujuk pada
Peraturan Pemerintah dan dikomunikasikan kepada komite Madrasah dan pemangku
kepentingan yang terkait. |
Perumusan
rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBM) merujuk pada
peraturan pemerintah dengan melibatkan partisipasi komite Madrasah dan
pemangku kepentingan yang terkait |
|
|
Perumusan
RAPBM melibatkan Komite Madrasah dan
belum melibatkan pemangku kepentingan yang relevan |
Perumusan
RAPBM melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan |
Perumusan
RAPBM melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan serta
Dunia Usaha dan Dunia Industri. |
|
|
Penyusunan
rencana keuangan Madrasah sudah berusaha dilakukan secara transparan, efisien
dan akuntabel. |
Penyusunan
rencana keuangan Madrasah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel. |
Penyusunan
rencana keuangan Madrasah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel
kepada masyarakat dan Pemerintah. |
|
|
Madrasah
membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada
Pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara
rutin dan proses yang transparan. |
Madrasah
membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara
periodik kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. |
Madrasah
membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara
berkala dan menyeluruh kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. |
|
|
Kami
berencana untuk memperluas penggunaan sumber daya dan pra-sarana Madrasah
untuk mendapatkan pembiaya-an tambahan tetapi kami belum
mengimplemen-tasikannya. |
Madrasah
kami mendapatkan pembiayaan tambahan melalui pemanfaatan sarana dan prasarana
Madrasah. |
Madrasah
kami kreatif menggali berbagai sumber untuk mendapatkan pendapatan tambahan. |
|
|
Hubungan
kami dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat harus
dikembangkan lebih lanjut agar mendapatkan bantuan keuangan dari mereka. |
Kami
telah mengembangkan hubungan kerja sama dengan Dunia Usaha, Dunia Industri
dan kelompok masyarakat, khususnya orangtua yang mampu untuk membantu
Madrasah kami. |
Kami telah
membangun jaringan kerja yang kuat dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan
kelompok masyarakat setempat yang membantu Madrasah kami dalam hal
pembiayaan. |
|
|
Kami
menyimpan catatan alumni dan sebagian dari mereka membantu Madrasah tetapi
bukan dalam hal pembiayaan |
Kami
memelihara hubungan dengan alumni dan mereka membantu upaya kami walaupun
bukan dalam hal pembiayaan. |
Kami
memelihara hubungan dengan alumni kami dan memberdayakan mereka sebagai
sumber pendanaan dan bantuan lainnya. |
|
|
Madrasah
mampu melayani siswa dari tingkatan sosial ekonomi namun belum dapat melayani
siswa yang berkebutuhan khusus. |
Madrasah
melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan
khusus. |
Madrasah
melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan
kebutuhan khusus dan mempromosikan kesetaraan akses bagi semua peserta didik. |
|
|
Sumbangan
orangtua dirumuskan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua peserta didik,
tetapi Madrasah tidak menerapkan subsidi silang dalam membiayai program
kegiatan peserta didik. |
Kami
merumuskan besarnya sumbangan orangtua berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua
dan menerapkan prinsip subsidi silang |
Kami
mematuhi standar mengenai biaya sumbangan orangtua dan subsidi silang
pembiayaan dan juga memiliki alokasi khusus untuk memberikan tempat bagi anak
yang sangat miskin dengan mencari sumber dana lainnya. |
8 |
STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN |
Sebagian
Guru-guru kami menyusun perencanaan penilaian berdasarkan kompetensi dasar
dan standar kompetensi. |
Guru-guru
kami menyusun dan mengembangkan perencanaan penilaian untuk mencapai
kompetensi peserta didik. |
Guru-guru
kami menyusun rencana penilaian terhadap hasil belajar peserta didik terhadap
pencapaian kompetensi yang diharapkan dan diinformasikan kepada peserta didik
sehingga setiap peserta didik memahami target kompetensi yang harus dicapai. |
|
|
Guru-guru
kami memberikan informasi kepada peserta didik hanya KKM saja diawal semester. |
Guru-guru
kami memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian
termasuk KKM yang disusun. |
Guru-guru
kami menginformasikan silabus mata pelajaran yang didalam-nya memuat
rancangan dan kriteria penilaian termasuk KKM dengan memperhatikan
karakteristik peserta didik, mata pelajaran dan kondisi Madrasah pada awal
semester. |
|
|
Guru-guru
kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi
sebagian besar tidak sesuai dengan rencana penilaian yang telah disusun. |
Guru-guru
kami selalu melaksanakan penilaian dan memantau kemajuan belajar peserta
didik secara berkala sesuai dengan rencana yang telah dibuat pada silabus dan
RPP. |
Guru-guru
kami menggunakan berbagai jenis metode untuk menilai kemajuan belajar peserta
didik secara berkelanjutan dan mengembangkannya berdasarkan rencana yang
telah dibuat sesuai dengan perkembangan peserta didiknya. |
|
|
Guru-guru
kami hanya menerapkan teknik, bentuk, dan jenis penilaian tertentu untuk
mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik. |
Guru-guru
kami menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian sesuai dengan
target kompetensi yang ingin diukur. |
Guru-guru
kami membuat instrumen yang tepat dan dapat diandalkan untuk menerapkan
berbagai teknik, bentuk dan jenis penilaian serta direview secara berkala. |
|
|
Setiap
guru menyampaikan hasil Evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap
peserta didik kepada Kepala Madrasah pada akhir semester dalam bentuk laporan
hasil prestasi belajar peserta didik. |
Guru-guru
kami mengkaji ulang tingkat kemajuan semua peserta didik pada setiap akhir
semester. |
Semua guru
kami secara rutin mencatat kemajuan setiap peserta didik memberi komentar dan
masukan serta menginformasikanya kepada peserta didik secara individual dan
berkala. |
|
|
Hasil
tes digunakan sebagian guru-guru kami untuk merencanakan perbaikan bahan
pembelajaran selanjutnya. |
Guru-guru
kami selalu menggunakan hasil penilaian peserta didik dalam mereview rencana
pembelajaran yang telah disusun. |
Guru-guru
kami memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk memberikan
pendapat terhadap hasil pencapaian kemajuan belajar yang mereka peroleh dan
terlibat dalam penetapan target pembelajaran. |
|
|
Madrasah
kami membuat laporan hasil penilaian kepada orangtua secara rutin dan sistematis
dalam bentuk laporan pendidikan. |
Madrasah
kami menyampaikan laporan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok
mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik
dalam bentuk laporan pendidikan. |
Madrasah
kami menyampaikan laporan semua hasil penilaian peserta didik kepada orangtua
dan mendiskusikannya secara mendetail untuk masing-masing peserta didik
secara berkala sesuai dengan kesepakatan |
|
|
Madrasah
kami belum memberi kesempatan berdiskusi untuk membangun kerja sama dengan
orangtua agar membantu anak mereka belajar di rumah. |
Madrasah
kami menjalin kemitraan dengan orangtua dalam meningkatkan pencapaian hasil
belajar siswa. |
Madrasah
kami membuat laporan berkala pada orangtua mengenai pencapaian hasil belajar
peserta didik dan menawarkan kesempatan untuk mendiskusikan kemajuan anak
mereka serta mengajukan usulan-usulan peningkatan hasil belajar peserta
didik. |
Pages