Selamat datang di website resmi MIS Terpadu Mutiara Hikmah! Kami adalah lembaga pendidikan yang berkomitmen membentuk generasi unggul melalui perpaduan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keislaman. Di sini, kami mendidik dengan hati, mengasah potensi setiap siswa untuk menjadi pribadi yang berkarakter, cerdas, dan berakhlak mulia. Mari bersama-sama berjuang untuk masa depan yang gemilang dengan fondasi pendidikan yang kokoh dan bermakna.

TUJUAN MADRASAH

 TUJUAN MADRASAH

NO

8 STANDAR

JANGKA PENDEK

(1 Tahun)

JANGKA MENENGAH

(4 Tahun)

JANGKA PANJANG

(8 Tahun)

1

STANDAR ISI

Kurikulum       madrasah        kami disusun mengikuti panduan          yang disusun BSNP namun masih memerlukan pengembangan.

Kurikulum madrasah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP.

Kurikulum madrasah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP dan menjadi rujukan bagi pengembangan kurikulum madrasah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama.

 

 

Kurikulum madrasah kami            disusun dengan mempertimbangkan usia peserta     didik            dan            kebutuhan pembelajaran.

Kurikulum madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran.

Kurikulum madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakteristik daerah,            kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran  yang terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi  rujukan kab/kota dalam pengembangan kurikulum lokal.

 

 

Struktur kurikulum madrasah         kami kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang    baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan.

Struktur kurikulum madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan.

Struktur kurikulum madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi  peserta didik agar dapat memahami konsep            yang  baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan yang sistematis untuk setiap peserta didik

 

 

Madrasah kami masih sangat terbatas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Madrasah kami memberikan bimbingan secara teratur dan berkesinambu- ngan serta menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Madrasah kami menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap peserta didik, baik yang terprogram dengan jelas maupun berdasarkan kasus per kasus sesuai kebutuhan peserta didik.

 

 

Madrasah kami menyediakan kegiatan ekstra-kurikuler tetapi belum mengakomodir semua kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Madarasah kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik.

Madrasah kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaikan dengan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstra- kurikulernya.

2

STANDAR PROSES

Sebagian silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.

Silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.

Silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP serta telah mempertimbangkan situasi dan kondisi Madarasah

 

 

Sebagian silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.

Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.

Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri yang berdampak pada peningkatan mutu peserta didik.

 

 

Sebagian guru menyusun RPP sendiri untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.

RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.

RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan direview secara berkala untuk memastikan dampaknya pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

 

 

RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya.

RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.

RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik serta direview oleh para ahli.

 

 

Siswa Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri dan beberapa buku teks yang tersedia di perpustakaan Madrasah selama pelajaran berlangsung.

Siswa Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan Madrasah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar Madrasah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang, serta dapat mengakses buku Madrasah elektronik (BSE).

Siswa Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan Madrasah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar Madrasah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang, serta dapat mengakses buku Madrasah elektronik (BSE) dan materi lain dari e-library Madrasah.

 

 

 

Guru-guru kami sudah menggunakan sumber belajar lainnya selain buku pelajaran, namun hanya pada mata pelajaran tertentu.

Guru-guru kami menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.

Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis sumber dan media pembelajaran di Madrasah serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar Madrasah dengan melibatkan siswa.

 

 

Sebagian guru-guru kami sudah konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya.

Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya.

Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya serta dijadikan acuan bagi guru-guru di Madrasah lainnya.

 

 

Guru-guru kami belum sepenuhnya konsisten memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran.

Guru-guru kami memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran.

Guru-guru kami tidak hanya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran.

 

 

Proses pembelajaran di Madrasah kami disupervisi dan dievaluasi hanya pada tahapan tertentu saja.

Proses pembelajaran di Madrasah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.

Proses pembelajaran di Madarasah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran termasuk program tindak lanjut.

 

 

Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala oleh kepala Madrasah dan pengawas tetapi tidak ditindaklanjuti.

Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah dan Pengawas.

Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala madarasah, teman sejawat dan Pengawas serta melibatkan peserta didik.

3

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Peserta didik memperlihatkan prestasi belajar yang lebih baik, namun tidak konsisten.

Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan dalam SKL.

Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik melebihi standar kompetensi kelulusan, percaya diri, dan memiliki harapan yang tinggi dalam berprestasi.

 

 

Sebagian peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri.

Peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri.

Peserta didik kami mengembangkan keterampilan berpikir logis, kritis, dan analititis serta mengembangkan kreatifitas mereka.

 

 

Sebagian peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi, serta mampu mengekspresikan diri dalam mengungkapkan pendapat mereka dengan jelas dan santun.

 

 

Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di Madrasah dan di tengah masyarakat luas, akan tetapi mereka belum terlalu memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain.

Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di Madrasah dan di tengah masyarakat luas, serta memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain.

Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan di Madrasah dan di tengah masyarakat luas. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi dan sosial dan melakukan berbagai jenis kegiatan untuk keberhasilan pribadi dalam ruang lingkup yang lebih luas.

 

 

Madrasah kami menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi belum sesuai dengan minat peserta didik.

Madrasah kami menyediakan beragam kegiatan dan program keterampilan hidup sebagai bekal kehidupan di tengah-tengah masyarakat.

Potensi dan minat peserta didik kami telah berkembang secara penuh melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan serta memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika selain keterampilan.

 

 

Peserta didik kami memiliki pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka dan sudah mulai berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari hari.

Peserta didik kami memahami ajaran agama dan nilai-nilai budaya serta mampu menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Peserta didik memahami dan menerapkan ajaran agama dan nilai-nilai budaya dalam kehidupan mereka sehari-hari secara konsisten baik di Madrasah maupun di tengah-tengah masyarakat.

4

STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Jumlah pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Jumlah pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan

Jumlah pendidik di Madrasah kami sangat memadai untuk memberikan layanan pembelajaran dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

 

 

Jumlah tenaga kependidikan di Madrasah kami  sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Madrasah kami memiliki jumlah tenaga kependidikan yang memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Madrasah kami memiliki tenaga kependidikan dengan jumlah yang sangat memadai untuk memberikan layanan pendidikan dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. 

 

 

Kualifikasi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan.

Kualifikasi  pendidik di Madrasah kami sudah  memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Madrasah kami memiliki pendidik dengan kualifikasi yang sangat memadai  dari standar yang ditentukan untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

 

 

Kualifikasi tenaga kependidikan di Madrasah kami  sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Kualifikasi  pendidik di Madrasah kami sudah  memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Madrasah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi  yang sangat memadai  untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

 

 

Kompetensi pendidik di Madrasah kami  sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Kompetensi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Madrasah kami memiliki pendidik dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

 

 

Kompetensi tenaga kependidikan di Madrasah kami  sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Kompetensi Tenaga Kependidikan di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Madrasah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus

5

STANDAR SARANA DAN PRASARANA

Madrasah kami memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

Madrasah kami memenuhi SNP terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

Madrasah kami memiliki bangunan gedung yang  ukuran, ventilasi, dan kelengkapan lainnya melebihi ketentuan dalam SNP.

 

 

Madrasah kami memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.

Madrasah kami memenuhi SNP dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.

Jumlah peserta didik di dalam rombongan belajar kami lebih kecil dari yang ditetapkan dalam SNP, agar dapat lebih meningkatkan mutu proses pembelajaran.

 

 

Madrasah kami memiliki dan menggunakan  alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM.

Madrasah kami memiliki dan menggunakan  alat serta sumber belajar sesuai dengan SNP.

Madrasah kami memiliki alat dan sumber belajar yang  melebihi dari ketetapan dalam SNP yang digunakan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran.

 

 

Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami baru melakukan pemeliharaan rutin seperti kebersihan ruangan.

Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami dilaksanakan secara berkala sesuai dengan SNP.

Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami dilaksanakan secara rutin melebihi waktu yang ditetapkan dalam SNP dan catatan pemeliharaan terekam dengan baik.

 

 

Bangunan yang ada di Madrasah kami aman bagi peserta didik namun masih belum nyaman dan memberi kemudahan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Bangunan di Madrasah kami aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Setiap orang yang datang ke Madrasah kami, selain warga Madrasah termasuk yang berkebutuhan khusus, dapat merasakan keamanan dan kenyamanan dalam setiap bangunan yang ada.

6

STANDAR PENGELOLAAN

Madrasah kami memiliki visi dan misi namun belum dirumuskan secara bersama dan belum tersosialisasikan di seluruh warga Madrasah.

Madrasah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dari seluruh warga Madrasah dan tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan.

Madrasah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dan tersosialisikan kepada seluruh pemangku kepentingan serta direview secara berkala sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan Madrasah.

 

 

Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah namun prosesnya belum sepenuhnya dilaksanakan secara mandiri, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel

Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah secara mandiri, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel,

Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah secara mandiri, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel serta mampu memunculkan potensi warga Madrasah untuk turut serta mengembangkan pengelolaan Madrasah.

 

 

Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi Madrasah dalam bentuk renstra maupun RKM.

Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi Madrasah dalam bentuk renstra maupun RKM yang berbasis hasil analisis EDS.

Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi Madrasah dalam bentuk renstra maupun RKM yang berbasis hasil analisis EDS dan di update secara berkala.

 

 

Madrasah kami sudah mensosialisa-sikan dokumen rencana kerja namun hanya kepada pihak-pihak terbatas saja, misalnya kepala dinas pendidikan atau ketua yayasan.

Madrasah kami sudah mensosialisa-sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder Madrasah secara dalam rapat dinas.

Madrasah kami sudah mensosialisa-sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder Madrasah dalam berbagai kesempatan dan on-line  di situs Madrasah.

 

 

Rencana kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi,  Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian namun tidak dalam bentuk dokumen yang mudah diakses oleh pihak terkait dan sosialisasinya masih sebatas dalam lingkup internal Madrasah.

Rencana kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi,  Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite Madrasah namun belum tersosialisasi secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan.

Rencana kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi,  Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite Madrasah dan sudah tersosialisasi secara luas kepada seluruh pemangku kepentingan.

 

 

Madrasah kami melakukan evaluasi diri namun baru dilakukan sebatas tim pengembang Madrasah dan belum melibatkan warga Madrasah.

Madrasah kami melakukan evaluasi diri untuk melihat dampak dari rencana pengembangan Madrasah terhadap peningkatan hasil belajar.

Madrasah kami melakukan evaluasi diri dan mengkomunikasikan rencana pengembangan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan dinas pendidikan dan para pemangku kepentingan.

 

 

Madrasah kami  menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah namun belum  didasarkan pada hasil evaluasi diri Madrasah.

Madrasah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri  dan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar.

Madrasah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri serta disesuaikan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.

 

 

Pengelolaan data di Madrasah kami berbasis ICT namun masih menggunakan program office yang sederhana dan belum berbasis website.

Madrasah kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif, efisien dan akuntabel dan sudah tersosialisaikan kepada seluruh pemangku kepentingan.

Madrasah kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif, efisien, dan akuntabel serta tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan dan terkoneksi secara online pada website Madrasah.

 

 

Madrasah kami menyediakan akses informasi untuk warga Madrasah namun belum ditunjang oleh sistem pembaharuan data.

Madrasah kami menyediakan akses informasi dengan data yang terbaru bagi warga Madrasah dan pihak yang berkepentingan.

Madrasah kami menyediakan akses informasi dengan data yang terbaru bagi warga Madrasah dan pihak yang berkepentingan serta mudah diakses secara online melalui website Madrasah.

 

 

Madrasah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan.

Madrasah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya.

Madrasah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya secara berkelanjutan untuk meningkatkan efektifitas kinerja.

 

 

Madrasah kami melakukan supervisi dan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan namun belum terprogram dengan baik.

Madrasah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional

Madrasah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional serta menyusun program perbaikan dan peningkatan yang berkelanjutan.

 

 

Warga Madrasah terlibat langsung hanya pada kegiatan akademis.

Warga Madrasah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis.

Warga Madrasah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis serta kegiatan pengembangan Madrasah pada umumnya.

 

 

Madrasah kurang melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis.

Madrasah kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis.

Madrasah kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis dan memberikan kesempatan untuk berkreasi.

7

STANDAR PEMBIAYAAN

Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBM) merujuk pada Peraturan Pemerintah.

Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBM) merujuk pada Peraturan Pemerintah dan dikomunikasikan kepada komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang terkait.

Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBM) merujuk pada peraturan pemerintah dengan melibatkan partisipasi komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang terkait

 

 

Perumusan RAPBM  melibatkan Komite Madrasah dan belum melibatkan pemangku kepentingan yang relevan

Perumusan RAPBM melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan

Perumusan RAPBM melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan serta Dunia Usaha dan Dunia Industri.

 

 

Penyusunan rencana keuangan Madrasah sudah berusaha dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel.

Penyusunan rencana keuangan Madrasah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel.

Penyusunan rencana keuangan Madrasah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel kepada masyarakat dan Pemerintah.

 

 

Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan.

Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara periodik kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara berkala dan menyeluruh kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

 

 

Kami berencana untuk memperluas penggunaan sumber daya dan pra-sarana Madrasah untuk mendapatkan pembiaya-an tambahan tetapi kami belum mengimplemen-tasikannya.

Madrasah kami mendapatkan pembiayaan tambahan melalui pemanfaatan sarana dan prasarana Madrasah.

Madrasah kami kreatif menggali berbagai sumber untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

 

 

Hubungan kami dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat harus dikembangkan lebih lanjut agar mendapatkan bantuan keuangan dari mereka.

Kami telah mengembangkan hubungan kerja sama dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat, khususnya orangtua yang mampu untuk membantu Madrasah kami.

Kami telah membangun jaringan kerja yang kuat dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat setempat yang membantu Madrasah kami dalam hal pembiayaan.

 

 

Kami menyimpan catatan alumni dan sebagian dari mereka membantu Madrasah tetapi bukan dalam hal pembiayaan

Kami memelihara hubungan dengan alumni dan mereka membantu upaya kami walaupun bukan dalam hal pembiayaan.

Kami memelihara hubungan dengan alumni kami dan memberdayakan mereka sebagai sumber pendanaan dan bantuan lainnya.

 

 

Madrasah mampu melayani siswa dari tingkatan sosial ekonomi namun belum dapat melayani siswa yang berkebutuhan khusus.

Madrasah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.

Madrasah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus dan mempromosikan kesetaraan akses bagi semua peserta didik.

 

 

Sumbangan orangtua dirumuskan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua peserta didik, tetapi Madrasah tidak menerapkan subsidi silang dalam membiayai program kegiatan peserta didik.

Kami merumuskan besarnya sumbangan orangtua berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua dan menerapkan prinsip subsidi silang

Kami mematuhi standar mengenai biaya sumbangan orangtua dan subsidi silang pembiayaan dan juga memiliki alokasi khusus untuk memberikan tempat bagi anak yang sangat miskin dengan mencari sumber dana lainnya.

8

STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

Sebagian Guru-guru kami menyusun perencanaan penilaian berdasarkan kompetensi dasar dan standar kompetensi.

Guru-guru kami menyusun dan mengembangkan perencanaan penilaian untuk mencapai kompetensi peserta didik.

Guru-guru kami menyusun rencana penilaian terhadap hasil belajar peserta didik terhadap pencapaian kompetensi yang diharapkan dan diinformasikan kepada peserta didik sehingga setiap peserta didik memahami target kompetensi yang harus dicapai.

 

 

Guru-guru kami memberikan informasi kepada peserta didik hanya KKM saja diawal semester.

Guru-guru kami memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk KKM yang disusun.

Guru-guru kami menginformasikan silabus mata pelajaran yang didalam-nya memuat rancangan dan kriteria penilaian termasuk KKM dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, mata pelajaran dan kondisi Madrasah pada awal semester.

 

 

Guru-guru kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi sebagian besar tidak sesuai dengan rencana penilaian yang telah disusun.

Guru-guru kami selalu melaksanakan penilaian dan memantau kemajuan belajar peserta didik secara berkala sesuai dengan rencana yang telah dibuat pada silabus dan RPP.

Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis metode untuk menilai kemajuan belajar peserta didik secara berkelanjutan dan mengembangkannya berdasarkan rencana yang telah dibuat sesuai dengan perkembangan peserta didiknya.

 

 

Guru-guru kami hanya menerapkan teknik, bentuk, dan jenis penilaian tertentu untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.

Guru-guru kami menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian sesuai dengan target kompetensi yang ingin diukur.

Guru-guru kami membuat instrumen yang tepat dan dapat diandalkan untuk menerapkan berbagai teknik, bentuk dan jenis penilaian serta direview secara berkala.

 

 

Setiap guru menyampaikan hasil Evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap peserta didik kepada Kepala Madrasah pada akhir semester dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik.

Guru-guru kami mengkaji ulang tingkat kemajuan semua peserta didik pada setiap akhir semester.

Semua guru kami secara rutin mencatat kemajuan setiap peserta didik memberi komentar dan masukan serta menginformasikanya kepada peserta didik secara individual dan berkala.

 

 

Hasil tes digunakan sebagian guru-guru kami untuk merencanakan perbaikan bahan pembelajaran selanjutnya.

Guru-guru kami selalu menggunakan hasil penilaian peserta didik dalam mereview rencana pembelajaran yang telah disusun.

Guru-guru kami memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk memberikan pendapat terhadap hasil pencapaian kemajuan belajar yang mereka peroleh dan terlibat dalam penetapan target pembelajaran.

 

 

Madrasah kami membuat laporan hasil penilaian kepada orangtua secara rutin dan sistematis dalam bentuk laporan pendidikan.

Madrasah kami menyampaikan laporan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk laporan pendidikan.

Madrasah kami menyampaikan laporan semua hasil penilaian peserta didik kepada orangtua dan mendiskusikannya secara mendetail untuk masing-masing peserta didik secara berkala sesuai dengan kesepakatan

 

 

Madrasah kami belum memberi kesempatan berdiskusi untuk membangun kerja sama dengan orangtua agar membantu anak mereka belajar di rumah.

Madrasah kami menjalin kemitraan dengan orangtua dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.

Madrasah kami membuat laporan berkala pada orangtua mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik dan menawarkan kesempatan untuk mendiskusikan kemajuan anak mereka serta mengajukan usulan-usulan peningkatan hasil belajar peserta didik.